Peringatan dari Allah Serta Pelanggaran yang Terus Saja Kita Lakukan

peringatan-dari-allah-serta-pelanggaran-yang-terus-saja-kita-lakukan

AKADEMI GURU AL FATIH

Sekali lagi kita berduka, ratusan saudara-saudara kita meninggal tersapu ganasnya gelombang samudera. Puluhan saudara-saudara kita hilang belum diketahui nasibnya, ribuan lainnya luka-luka dan banyak pula luka hati yang dialami oleh kita semua. Kembali, bencana menyisakan kesedihan yang begitu amat mendalam.

Ini bukanlah yang pertama, melainkan sudah berulang kali. Dapatkah kita mengambil pelajaran dari semua kejadian itu?. Belum cukupkah kejadian-kejadian itu menjadi peringatan untuk kita?. Peringatan akan pastinya kematian, adanya perjalanan setelah kematian serta adanya pertanggungjawaban setiap amal.

Saat ajal mendatangi siapa saja tanpa kenal usia, sudah siapkah kita, jika saat ini pula harus menghadap-Nya?. Saat orang-orang berasal dari tempat yang jauh harus mengakhiri hidupnya di tanah yang mungkin hanya didatanginya sekali itu. Sudah siapkah saat kita ditanya:
Apa yang kamu lakukan di tempat terakhir kehidupanmu, sudah siapkah saat kita dibangkitkan sesuai kondisi kematian kita?; sudah siapkah kita dimatikan dalam kebiasaan kita?; sudah siapkah kita untuk mempertanggungjawabkan setiap amalan kita di dunia?

Belum cukupkah kejadian-kejadian itu menjadi peringatan untuk kita?, bahwa Allah ﷻ Maha Mampu melakukan segalanya. Mengeluarkan isi Bumi, menghempaskan Laut, mencabut Gunung-gunung, bahkan meruntuhkan Langit. Itu semua kelak benar-benar akan terjadi.

Belum cukupkah kejadian-kejadian itu menjadi peringatan untuk kita, untuk menyudahi pelanggaran-pelanggaran yang kita lakukan terhadap aturan-Nya. Tidakkah kita khawatir, bahwa bisa jadi karena kemaksiatan yang kita lakukan itulah, segala musibah ini terjadi.

Tidakkah hati kita bergetar takut, akan buruknya amal ketika Allah mencabut nyawa kita?. Tidakkah kita takut, akan menumpuknya dosa yang nantinya akan dihisab?. Tidakkah kita mengambil pelajaran dari berbagai kejadian mengerikan itu?.

Oleh: Renita Putri Maharani
Mahasiswi AGA 4

Tags:

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
1
Assalamu 'Alaikum
Apakah ada yang bisa kami bantu? _