Potret Studium Generale-2 AGA 5

potret-studium-generale-2-aga-5

AKADEMI GURU AL FATIH | Penyambutan Mahasiswa baru di Akademi Guru Al Fatih (AGA) sudah menjadi kegiatan rutin yang sangat dinantikan kehadirannya. Salah satu bentuk penyambutannya adalah melalui kegiatan Studium Generale  yang dilaksanakan sebanyak dua kali. Studium Generale AGA 5 pertama telah dilaksanakan beberapa bulan silam. Adapun yang kedua, yang bertemakan “Visi Generasi Abad 21” dilaksanakan di Auala Bazar Madinah, Kuttab Al Fatih Pusat Depok, Jum’at (11/1/2019).

Kegiatan yang dihadiri oleh sekitar 250 peserta berlangsung sejak ba’da ashar hingga maghrib. Turut hadir pula Ustadz Budi Ahsari, Lc sebagai pemateri utama dalam Studium Generale tersebut, sekaligus beberapa pihak manajemen dan beberapa asatidzah Kuttab Al Fatih seperti Ustadz Lilik, Ustadz Prastowo, Ustadz Bagus, Ustadz Surya, dan lainnya.

Agenda ini dipandu dengan tertib dan teratur oleh Ustadz Anwar yang merupakan salah satu guru di Kuttab Al Fatih, sekaligus Mahasiswa AGA 4. Diawali dengan memperdengarkan tilawah Al-Qur’an oleh Ustadz Fajar yang merupakan Mahasantri Asrama AGA dengan penuh khidmat. Selanjutnya Mahasiswa disambut oleh ketua panitia, Khairul Umam kemudian Rektor Akademi Al Fatih, Ustadz Muhammad Abduh Al-Baihaqi, Lc. Secara langsung beliau berdua memberikan sambutan hangat kepada Mahasiswa baru yang telah resmi diterima sebagai Mahasiswa AGA 5.

Selain itu, Ustadz Baihaqi memberikan inspirasi tentang panjangnya proses seleksi ujian kesungguhan orang beriman dengan dua kisah, yaitu kisah pasukan Thalut dengan ujiannya, serta kisah pasukan muslim pada peristiwa Uhud. Lebih lanjut beliau menyampaikan

Perjuangan estafet dakwah ini berjalan begitu cepatnya, mau tidak mau harus ada regenerasi yang mampu mengimbangi percepatan dakwah ini, sehingga antum dipaksa untuk harus siap menyambut estafet dakwah ini, Saya pun berharap antum dan antunna sekalian yang berada di sini hari ini merupakan orang-orang yang memang Allah pilih. Maka istiqomahlah karena kita telah dipilih oleh Allah“.

Studium Generale AGA 5 ini berbeda dengan kegiatan yang telah diselenggarakan di tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya, tahun ini penyelenggaraan Studium Generale dilaksanakan sepenuhnya oleh panitia yang merupakan angkatan sebelumnya, yakni AGA 4. Pelaksanaan yang berbeda dan unik ini memiliki dua tujuan pokok, pertama sebagai suatu upaya melakukan percepatan regenerasi pemangku estafet dakwah, dan kedua sebagai bentuk representasi mempererat ukhuwah antara Mahasiswa baru dan lama. Tepat sebelum pemaparan materi utama dimulai, panitia menampilkan karya sederhananya berupa teaser penyambutan yang dikemas dalam bentuk video.

Dalam kesempatan yang berbahagia itu, guru kita Ustadz Budi Ashari, Lc memberikan banyak  percikan hikmah serta motivasi bagi para peserta berkaitan tentang pentingnya peran para guru dalam mengemban visi kenabian di zaman ini. Beliau mengisahkan tentang sejarah singkat berdirinya Kuttab Al Fatih Depok serta Akademi Guru untuk menghadirkan ruh perjuangan pendahulu kepada para Mahasiswa. Kemudian beliau menyampaikan tentang keutamaan aktivitas menjadi guru yang terangkum dalam tiga poin antara lain: menjadi guru merupakan aktivitas para Nabi, menjadi guru merupakan wasilah memperbaiki generasi dan menjadi guru mendapatkan doa dari para makhluq-Nya.

Tantangan sekaligus pekerjaan rumah terbesar para mu’allim secara garis besar terbagi menjadi dua hal sebagaimana yang beliau nukilkan dari pendapat ulama pakar pendidikan Islam, Dr. Muhammad Qutub, pertama kejatuhan sebuah generasi merupakan hasil dari kejatuhan para ahli ilmunya (guru, red) serta adanya pengaruh konspirasi global zionis yang sengaja merusak bidang pendidikan.

Hal ini dilakukan zionis agar para pendidik tidak kembali untuk fokus memperbaiki unsur utama kerusakan peradaban yaitu manusia dan lebih fokus pada bidang lainnya

Papar beliau ketika menjelaskan latar belakang mengenai konspirasi jahat itu.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1
Assalamu 'Alaikum
Apakah ada yang bisa kami bantu? *_*
Powered by