Bulu Sayap Burung

bulu-sayap-burung

AKADEMI GURU AL FATIH | Untuk Apa Saya Belajar?

“Dan apakah mereka tidak memerhatikan burung-burung yang mengembangkan dan mengatupkan sayapnya di atas mereka? Tidak ada yang menahannya (di udara) selain Yang Maha Pemurah. Sesungguhnya Dia Maha Melihat segala sesuatu” (QS. Al Mulk : 19).

Suatu sore, untuk menutup kelas Quranic View, dosen kami menyampaikan hikmah ayat ini. Ada apa dengan ayat ini? Beliau sampaikan bahwa dalam belajar, kita harus tau tujuan belajar, kita mempelajari suatu ilmu itu untuk apa, kita harus tau itu. Begitu pula seharusnya ketika mengajar, seorang guru harus bisa menggambarkan dengan jelas apa tujuan murid atau santri ketika mempelajari ilmu tersebut. Karena kesalahan dalam menjelaskan tujuan belajar bisa menjadikan salah niat, juga bisa menjadikan salah arah, bahkan bisa juga menyebabkan kehilangan minat anak mempelajari ilmu tersebut. Seperti saya dahulu ketika SMA yang gagal menjawab pertanyaan saya sendiri, “kenapa harus belajar fisika? untuk apa belajar fisika? nanti ilmu fisika ini bisa dipakai untuk apa?” akhirnya, minat saya dalam belajar fisika menjadi kurang.

Kemudian ketika menyebutkan QS. Al Mulk ayat 19 tersebut, dosen kami mengambil pelajaran dari bidang fisika. Siapa yang bisa menahan burung yang terbang di udara? Tidak ada yang menahannya selain Yang Maha Pemurah. Ada berbagai macam gaya dan tekanan yang berperan disana. Tekanan udara di bawah sayap burung lebih kecil dibandingkan dengan tekanan udara yang ada di atasnya, sehingga burung terdorong ke atas dan bisa tertahan di udara (tidak jatuh). Kemudian banyak penjelasan lainnya yang entahlah bagian itu saya kurang paham, dan disitu saya langsung menyesal mengapa dahulu saya tidak serius belajar fisika. Pertanyaan yang gagal saya jawab dahulu seolah baru terjawab, “ini lho manfaatnya kalau kamu belajar fisika.”

Namun di sisi lain, saya menjadi teringat materi biologi, pelajaran yang sangat saya senangi dan sukai, salah satunya karena saya berhasil menjawab pertanyaan sendiri, “kenapa saya harus belajar biologi?” Dengan belajar biologi saya bisa paham proses-proses yang terjadi di dalam tubuh saya, seperti proses pernapasan, proses pencernaan makanan, proses aliran darah. Bahkan dahulu sampai sekarang saya sangat takjub dengan sel yang sangaat kecil, yang merupakan unit satuan terkecil penyusun tubuh makhluk hidup, namun di dalam sel yang sangat kecil itu, yang tidak bisa dilihat langsung oleh mata itu, disana terjadi proses yang sangat kompleks. Betapa Maha Dahsyat kekuatan yang ada di baliknya. Saya sangat takjub dengan proses-proses yang terjadi di dalam sel, di dalam sel yang sangat kecil, masih ada bagian-bagian sel (organela), dan setiap bagiannya memiliki fungsi tertentu. Kemudian di setiap bagiannya dijalankan proses yang begitu kompleks, seperti proses pembuatan protein, proses perubahan sari makanan menjadi energi, dan lain sebagainya. Dan dari sana kita bisa memetik pelajaran, bahwa sel yang kecil dengan masing-masing organelanya yang kecil saja memberi banyak manfaat, banyak menjalankan peran, maka bagaimana dengan kita? Apakah kita sudah menjalankan peran di bumi Allah? Atau kita hanya duduk santai tidak mau mengambil banyak resiko dan berharap semuanya baik-baik saja?

Dan ada banyak sekali pelajaran lain yang saya dapatkan dengan mempelajari biologi yang tidak bisa saya tuliskan semuanya. Kalau dosen biologi saya dulu sering mengingatkan, kenapa harus belajar biologi? Jawabannya ada di QS. Al Ghasiyah ayat 17, “Maka tidakkah mereka memperhatikan unta, bagaimana mereka diciptakan?” Itu juga menjadi alasan yang sangat kuat. Bagaimana pertemuan sel telur dengan sperma di dalam rahim itu menjadi morula, gastrula, blastula, sampai membetuk janin, yang kemudian berangsur terbentuk jantung, telinga, mata, dan organ-organ lainnya yang sebelumnya tiada, adalah proses yang sangat luar biasa. Pasti ada kekuatan besar di baliknya!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1
Assalamu 'Alaikum
Apakah ada yang bisa kami bantu? *_*
Powered by